Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Perbedaan jokowi dan foke menurut camat DKI

Kamis 25 Oktober 2012, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengundang para camat dan lurah se-Jakarta untuk bertemu dengannya di Balai Kota DKI Jakarta.

Ini merupakan imbas dari hasil inspeksi mendadak Jokowi ke sejumlah kantor kecamatan dan kelurahan yang berakhir mengecewakan. Saat sidak dua hari lalu, Jokowi menemukan mayoritas pegawai kelurahan dan kecamatan tidak siap ketika jam pelayanan publik seharusnya sudah dimulai.

Jokowi pun memberi pengarahan kepada para camat dan lurah DKI itu secara langsung. Ia meminta mereka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Camat dan lurah DKI pun mengaku siap melaksanakan instruksi Jokowi, terlepas dari berbagai pendapat yang berkecamuk di otak mereka.

Banyak di antara camat dan lurah DKI yang spontan membanding-bandingkan gaya kepemimpinan antara Jokowi dan mantan gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke). “Setiap orang punya gaya masing-masing. Lain koki, lain masakannya,” kata Wahyu, Camat Duren Sawit, Jakarta Timur, usai pertemuan dengan Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta.

Namun karena sudah menjadi tugasnya, maka ia dan jajaran pegawainya mau-tak mau harus menyesuaikan diri dengan gaya Jokowi. “Mungkin bagi mereka yang tidak terbiasa on time, berat, karena pukul 07.30 WIB pegawai sudah harus sampai kantor,” ujar Wahyu.

Sementara itu Ucok B. Harahap, Camat Kramat Jati, Jakarta Timur, mengemukakan salah satu perbedaan antara Jokowi dan Foke. “Foke ketika melakukan kunjungan selalu diikuti staf dan jajarannya. Kalau Jokowi sendiri saja dan mendadak. Mereka memang punya cara berbeda,” kata Ucok.

Apapun cara yang dipakai Jokowi sekarang dalam memimpin Jakarta, lanjut Ucok, itu merupakan hak prerogatif dia sebagai pemimpin. Ucok pun menjamin loyalitasnya kepada Jokowi tidak hilang.

Total ada 44 camat, 267 lurah, lima wali kota, dan satu bupati yang pagi tadi melakukan rapat bersama Jokowi. Mereka semua kompak datang ke Balai Kota DKI Jakarta mengenakan batik, tidak berseragam dinas


0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen