Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Ciri-ciri perubahan tubuh wanita jika beranjak dewasa

DI antara usia sekitar 8 dan 18 tahun, tubuh anak perempuan berubah dari seorang anak menjadi seorang wanita, di bawah pengaruh hormon wanita yaitu esterogen.
 
Pada usia sekitar 8 tahun, setahun sebelum pubertas bagi kebanyakan anak perempuan, tulang panggul mulai tumbuh dan lemak tertimbun pada payudara, panggul, dan paha.
 
Pada tahap remaja yang umumnya dimulai antara 10 dan 16 tahun, puting mulai muncul, rambut pubis dan ketiak mulai tumbuh. Pada tahap ini organ genital berkembang dan ia mulai mendapatkan menstruasi. Lemak yang tertimbun pada panggul, payudara dan paha pun lebih banyak.
 
Sekira usia 18 tahun, pertumbuhan tulang telah lengkap dan anak perempuan telah mencapai dewasa. Kecepatan perubahan tubuh bergantung pada banyak faktor dan sangat bervariasi pada satu individu ke individu lain.
 
Berikut ini beberapa perubahan nyata bagi anak perempuan yang sudah beranjak dewasa seperti yang diungkapkan Dr. Mirriam Stoppard, seorang ahli parenting asal Inggris.
 
Rambut ketiak
 
Pada usia 14 tahun, rambut mulai tumbuh di ketiak dan kelebnjar keringat menjadi aktif
 
Kulit
 
Hormon androgen memengaruhi kulit, menimbulkan lebih banyak sekresi minyak. Jerawat mungkin akan timbul.
 
Pinggang
 
Berbeda dengan panggul dan payudara yang melebar, pinggang mulai tampak lebih ramping dan jelas.
 
Rambut pubis
 
Rambut ini pertama kali tumbuh saat anak perempuan berusia 12 tahun dan perlahan akan menjadi lebih tebal dan lebih keriting, menyebar ke atas membentuk segitiga. Pada awalnya, warna rambut pubis mungkin tidak sama dengan warna rambut di kepala.
 
Paha
 
Bagian dalam dan luar paha membentuk bantalan lemak dari usia 14 tahun, menjadikan tubuh lebih berlekuk feminin.
 
Panggul
 
Saat tulang panggul tumbuh, panggul mulai melebar. Lemak lalu ditimbun di sini, membentuk ciri khas tubuh wanita.


0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen