Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Telah ditemukan fosil mirip burung unta di kanada

WASHINGTON - Peneliti dari Royal Tyrrell Museum of Palaeontology dan University of Calgary menemukan fosil dinosaurus berbulu mirip burung unta di tanah tandus wilayah Alberta bagian selatan, Kanada. Fosil ini mengungkap spesies dinosaurus yang dikenal dengan nama ornithomimids dan diyakini pernah hidup sekira 75 juta tahun lalu.

"Ini merupakan penemuan yang sangat menarik, karena merupakan spesimen dinosaurus berbulu pertama yang pernah ditemukan di belahan bumi Barat," ujar asisten profesor di University of Calgary, Darla Zelenitsky yang juga merupakan penulis utama dalam studi yang diterbitkan di jurnal Science, seperti dikutip ABC Science, Jumat (26/10/2012).

Dinosaurus yang dikatakan mirip burung unta ini pernah hidup di bumi jutaan tahun lalu. Menurut studi terbaru, ketimbang menggunakan sayap atau bulu untuk dapat terbang, ornithomimids memanfaatkan bulunya untuk menarik perhatian lawan jenis atau melindungi anaknya.

Sebelumnya, ornithomimids dianggap tidak memiliki bulu. Hewan ini juga digambarkan dalam film Hollywood Jurassic Park. Akan tetapi, peneliti menemukan bukti bulu dengan kerangka ornithomimids muda dan dua fosil ornithomimids dewasa.

Fosil ini ditemukan di batu pasir dan merupakan spesimen dinosaurus berbulu pertama yang ditemukan di benua Amerika. Sampai saat ini, dinosaurus berbulu umumnya sering ditemukan di China dan Jerman.

Francois Therrien, petugas Royal Tyrrell Museum di Drumheller, Alberta mengatakan bahwa dinosaurus ini terlalu besar untuk dapat terbang di udara. "Fakta bahwa anggota tubuh seperti sayap berkembang pada individu yang lebih dewasa, menunjukkan bahwa mereka menggunakannya untuk masa yang akan datang, mungkin terkait dengan perilaku reproduksi seperti mengerami telur," jelas Francois


0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen