Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

APA?? AMERIKA PERNAH MAU LEDAKKAN BOM ATOM DIBULAN?

Pemerintah Amerika Serikat (AS) ternyata sempat berencana meledakkan bom nuklir di Bulan. Rencana tersebut dibuat saat AS sedang bersaing ketat dengan Uni Soviet dalam masa-masa puncak Perang Dingin pada tahun 1950-an.

Pada masa Perang Dingin kedua negara adidaya tersebut saling bersaing dalam melakukan eksplorasi ruang angkasa. Persaingan tersebut dimulai saat Uni Soviet secara mengejutkan berhasil meluncur satelit pertama ke luar angkasa, Sputnik, pada tahun 1957.

Rencana peledakan yang tidak sempat terealisasi itu diberi nama Proyek A119. Bom nuklir yang akan diledakkan di bulan itu direncanakan dibawa dengan roket ke bulan. Setelah roket tersebut mencapai bulan, bom nuklir akan diledakkan oleh AS dari bumi. Demikian diberitakan Daily Mail, Senin (26/11/2012).

Pejabat AS pada saat itu berpikir dengan meledakkan nuklir di bulan mereka akan dapat memenangkan persaingannya dengan Uni Soviet di luar angkasa. Rencana tersebut juga bertujuan untuk menunjukkan kemampuan nuklir AS pada negara rivalnya itu.

Rencana tersebut dibatalkan karena khawatir bila operasi itu gagal, bom nuklir tersebut akan jatuh ke bumi dan mengakibatkan korban jiwa. Banyak para ahli yang ikut serta dalam proyek tersebut juga memperingatkan bahaya radiasi yang akan ada di bulan apabila operasi peledakan tersebut benar dilakukan.

AS akhirnya lebih memilih untuk mengirimkan astronotnya ke bulan untuk memenangkan persaingannya dengan Uni Soviet. Pada 1969, AS mengirimkan misi Apollo 11 yang membawa astronot ke bulan. Salah satu astronot dalam misi tersebut, Neil Armstrong dicatat oleh sejarah sebagai manusia pertama yang menginjakkan kakinya di bulan.
sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

KLIK UNTUK BERINVESTASI

DAFTAR DAN DAPATKAN DOLAR TIAP HARI, SAYA SUDAH MEMBUKTIKANNYA

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen