Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

DITEMUKAN BLACKHOLE YANG LEBIH BESAR DARI MATAHARI

Sekelompok astronom di Max Planck Institute for Astronomy baru-baru ini telah menemukan black hole atau lubang hitam terbesar yang pernah dicatat. Lubang hitam tersebut diperkirakan telah menelan galaksi induknya.

Dilansir dari The  Register, Kamis (29/11/2012), lubang hitam besar itu ditemukan berada di inti sistem tata surya NGC 1277. Galaksi tersebut merupakan galaksi kecil dengan ukuran 10 persen dari Bima Sakti dan berjarak 220 juta tahun cahaya dari Bumi, tepatnya di rasi bintang Perseus.

Hampir setiap galaksi ditemukan memiliki lubang hitam di bagian pusatnya, namun umumnya hanya sekira 0,1 persen dari total massa galaksi tersebut. Lubang hitam yang baru ditemukan ini memiliki ukuran 17 miliar kali lebih besar ketimbang Matahari dan memakan sekira 14 persen dari galaksi induknya.

Namun penelitian mereka ternyata menunjukkan bahwa hal tersebut bukanlah suatu keanehan alam, pasalnya terdapat lima galaksi lain dengan ciri khas yang sama. Biasanya, lubang hitam yang lebih besar ditemukan di galaksi yang lebih tua, tapi hal tersebut tampaknya bukan penentu. NGC 1277 tampaknya baru berusia sekira 8 miliar tahun.

"Saya akan mengatakan bahwa hal tersebut tampaknya tidak ditentukan oleh usia sebuah galaksi. Tidak jelas bagaimana bisa membuat sebuah sistem dengan lubang hitam yang besar sampai pada rasio galaksi," jelas profesor Astrofisika dari University of Texas, Karl Gebhart.
sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen