Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

KERETA KERATON JOGJA DICUCI, AIRNYA DIPEREBUTKAN WARGA

Ratusan orang mendatangi Museum Kereta Kraton di Jalan Rotowijayan, Keraton, Yogyakarta, untuk mengikuti jamasan atau upacara pencucian kereta milik Keraton Yogyakarta yang disimpan di museum tersebut.

Warga yang datang bukan hanya dari DIY, melainkan dari Jawa Tengah, seperti Wonosobo, Temanggung, Magelang, Klaten, dan wisatawan asing.

“Tradisi jamasan ini dilakukan sekali dalam setahun pada Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon di bulan Muharram. Kebetulan jamasan kereta ini dilakukan pada hari ini,” ujar Abdi Dalem Wedono, Ronowiratmo, Selasa (27/11/2012).

Kereta yang dijamas adalah kereta Nyi Jimat dan kereta kencana. Sebelum dijamas atau Senin malam kemarin, beberapa abdi dalam melakukan kenduri di dalam museum. Setelah jamasan, mereka juga akan melakukan doa bersama.

Bekas air cucian kereta itu diambil oleh ratusan warga. Mereka memercayai air bekas jamasan itu memilik berkah tersendiri. Air tersebut dimasukkan ke botol air mineral. Sebagian pengunjung langsung meminum air tersebut atau sekadar dibasuh ke wajah.

Hingga acara berakhir, prosesi jamasan berlangsung tertib.
sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen