Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Panduan memakai android untuk pemula

Dengan jumlah aktivasi perangkat Android baru yang mencapai 1,3 juta perharinya, tentu tidak mengherankan bila banyak pengguna baru yang perlu banyak belajar untuk mengenal kecanggihan platform buatan Google ini. Lantas hal-hal dasar apa saja yang perlu Anda ketahui agar Anda memperoleh manfaat optimal dari menggunakan perangkat berbasis Android ini? Simak tips-tips berikut:

I. Tekan dan Tahan

Menekan tombol pada ponsel tentu adalah hal yang lazim Anda lakukan, tetapi tahukah Anda bahwa dengan menekan serta menahan beberapa saat Anda bisa mengaktifkan beberapa fungsi yang tersembunyi? Nah, berikut ini PULSA bagikan beberapa fungsi tersembunyi tersebut:

1. Tombol Power
Dengan menekan dan menahan tombol power, selain akan membawa Anda pada fungsi menyalakan atau mematikan perangkat juga dapat menjadi jalan pintas bagi Anda untuk mengaktifkan flight mode dan silent mode. Ketika Anda berada di perpustakaan atau sedang mengikuti rapat, dengan menekan dan menahan tombol power Anda dapat secara langsung mematikan nada dering dan getar yang mungkin akan menggangu orang lain. Demikian pula ketika Anda akan naik pesawat, mematikan sinyal komunikasi ponsel juga diperlukan untuk menjamin keselamatan penerbangan Anda.

2. Tombol Search
Kebanyakan perangkat Android telah dilengkapi dengan fungsi pencarian suara (voice search) yang akan menyajikan hasil pencarian Google berdasarkan kata yang Anda ucapkan. Untuk masuk ke fungsi pencarian suara, silakan tekan dan tahan tombol search selama beberapa saat. Jika Anda menggunakan ponsel Samsung, akses pintas ke voice search biasanya dapat Anda temui pada halaman menu. Pada beberapa tipe ponsel, jika Anda menekan dan menahan tombol menu selama beberapa saat maka Anda akan langsung masuk ke search bar Google.

3.Tombol Beranda (home key)
Menekan dan menahan home key selama beberapa saat akan membawa Anda kepada jendela kecil yang menampilkan daftar aplikasi yang barusan Anda buka (recently apps). Dengan demikian Anda tidak perlu repot masuk ke halaman menu dan mencari ikon aplikasi terserbut tatkala Anda ingin membuka kembali aplikasi yang baru saja Anda gunakan.

4. Teks
Tahukah Anda bahwa dengan menekan dan menahan teks Anda dapat mengaktifkan fungsi copy?. Ya, ketika Anda menekan dan menahan teks maka sistem akan secara otomatis menampilkan kursor yang memungkinkan Anda untuk memilih bagian teks yang ingin Anda salin. Setelah Anda menandai teks yang ingin disalin, silakan tekan dan tahan sekali lagi hingga muncul pilihan cut, copy atau paste. Selanjutnya sama seperti langkah pertama, lakukan tekan dan tahan pada bagian kosong hingga kembali muncul menu cut, copy dan paste untuk kemudian Anda pilih paste guna memunculkan teks yang Anda salin.

5. Desktop
Terakhir adalah menekan dan menahan jari Anda pada halaman depan ponsel sehingga akan keluar pilihan untuk menambahkan widget, shortcut, folder hingga wallpeper ke halaman depan.

II. Kustomisasi

Kustomisasi adalah salah satukelebihan tersendiri yang telah menarik banyak orang untuk mencicipi Android. Dengan kustomisasi, perangkat milik Anda akan terlihat unik serta berbeda dibandingkan dengan perangkat yang sama yang dimiliki oleh orang lain bahkan dengan merek serta tipe yang sama sekalipun. Untuk melakukan kustomisasi ponsel Android, silakan tekan dan tahan jari Anda pada desktop perangkat Anda dan kemudian ikuti saja beberapa tips berikut:

1. Widget
Widget merupakan elemen atau bagian dari antarmuka grafis atau GUI baik berupa kotak teks, tombol dan sebagainya yang menyuguhkan informasi atau pengaturan yang dapat dikurangi atau ditambahkan oleh pengguna. Dengan widget Anda dapat menghiasi halaman depan perangkat Android Anda dengan beragam ikon yang menyajikan informasi ataupun menjadi jalan pintas setting sebuah perangkat. Dengan menekan dan menahan jari Anda pada halaman depan atau desktop ponsel, Anda kini dapat memilih untuk menginstal widget bawaan dari OS atau dari aplikasi yang Anda instal.

2. Web Shortcut
Tidak semua website favorit Anda memiliki aplikasi resmi yang mendukung platform Android. Untuk itu ada baiknya Anda memasang shortcut ke web favorit di halaman depan. Web shortcut memungkinkan Anda mengakses web langsung dari halaman depan ponsel tanpa harus masuk lebih dulu ke browser dan mengetikkan alamat URL nya seperti yang sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna.

3. Apps Shortcut
Sama seperti apps shortcut, Anda dapat juga membuat akses pintas ke aplikasi yang kerap Anda gunakan di halaman depan. Bagi Anda yang menggunakan ponsel Android berbasis Ice Cream Sandwich, Anda dapat menciptakan apps shortcut dengan cara menekan dan menahan ikon aplikasi pada halaman menu dan memindahkannya ke halaman depan. Sementara bagi Anda pengguna ponsel Android Gingerbread atau Froyo dapat melakukannya dengan cara menekan dan menahan jari Anda pada halaman depan hingga masuk ke shortcut lalu pilih application.

4. Contact shortcut
Dengan contact shortcut, Anda kini dapat mengirimkan pesan atau melakukan panggilan telepon langsung dari halaman depan. Caranya sama yakni dengan menekan dan menahan jari pada halaman depan hingga masuk ke shortcut lalu pilih direct dial atau direct message.

5. Homescreens
Antarmuka Android terdiri dari banyak homescreen yang dapat Anda isi dengan beragam shortcut dan widget dengan fungsi yang berbeda untuk masing-masing homescreen. Sebagai contoh, Anda dapat mengisi homescreen pertama dengan widget multimedia yang terdiri dari pemutar musik, video serta radio sementara untuk homescreen lainnya dapat Anda isi dengan widget foto serta shortcut ke kamera dan galeri.

6. Folder
Folder merupakan sebuah wadah yang menampung beragam shortcut, ikon dan widget dalam satu tempat. Misal Anda dapat menempatkan shortcut, widget dan ikon yang berkaitan dengan situs informasi berita dan cuaca dalam sebuah folder serta menamainya dengan berita. Dengan membuat folder, Anda dapat menghemat tempat dan waktu dalam mengakses aplikasi atau situs yang Anda perlukan.

7. Wallpaper
Anda dapat menggunakan wallpaper untuk mempercantik tampilan ponsel Anda. Selain memasang wallpaper dari internet, Anda juga dapat memasang foto yang Anda ambil sebagai wallpaper ponsel Anda. Untuk memasang foto diri sebagai wallpaper maka Anda cukup menekan dan menahan bagian kosong dari halaman depan ponsel lalu masuk ke wallpeper dan memilih galeri.

8. Screen Lock
Anda khawatir informasi yang Anda simpan didalam ponsel diintip orang lain? Jangan khawatir! Anda dapat mengunci ponsel Anda dengan masuk ke menu->settings->location and security->screen lock. Anda dapat memilih nomor sebagai PIN, huruf sebagai password, atau pola garis sebagai pattern lock. Jika ponsel Anda mengadopsi Android Ice Cream Sandwich, Anda juga dapat merekam wajah Anda dan menggunakannya sebagai kunci ponsel. Dengan memanfaatkan kamera depan, ponsel akan mengenali wajah pemiliknya dan membuka secara otomatis. Namun begitu cara ini masih kurang aman karena dapat dikelabui dengan meletakkan foto didepan kamera.

III. Bunyi dan Panggilan

1. Blacklist Contact
Anda merasa terganggu dengan panggilan telepon dari seseorang? Tenang! Anda dapat memblokir panggilan dari kontak tersebut dengan cara masuk ke contact atau people pada Android Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean. Selanjutnya tekan tombol menu baik fisik atau virtual lalu berikan tanda centang pada send calls directly to voicemail.

2. Gold List Contact
Kebalikan dari blacklist contact, gold list contact memungkinkan Anda untuk menandai panggilan dari orang penting dengan menggunakan nada dering khusus. Dengan demikian, Anda tidak perlu melihat ponsel Anda untuk mengetahui siapa yang memanggil Anda. Jika panggilan berasal dari orang yang Anda tunggu, maka Anda dapat langsung mengeluarkan ponsel dari saku Anda untuk segera menjawabnya. Sementara jika panggilan tersebut kurang penting maka Anda dapat mengabaikannya.

3. Nada dering MP3
Anda dapat menggunakan nada dering dari bawaan atau koleksi Anda pribadi. Untuk mengubah nada dering dari koleksi ringtone bawaan, Anda cukup masuk ke settings->sound->phone ringtone. Sementara jika Anda ingin memilih nada dering dari koleksi lagu MP3 Anda, maka Anda cukup mainkan MP3 tersebut dengan masuk ke pemutar musik bawaan ponsel dan menekan menu lalu pilih set as ringtone

4. Matikan pemberitahuan email masuk
Apakah Anda sering mendapatkan email spam? Jika jawabannya adalah ya, maka ada baiknya Anda mematikan pemberitahuan email masuk yang boleh jadi mengganggu kenyamanan Anda. Untuk mematikan pemberitahuan email masuk, Anda cukup masuk ke settings->accounts and sync lalu hilangkan tanda centang pada Sync Gmail. Dengan mematikan pemberitahuan email, maka Anda harus masuk ke aplikasi Gmail untuk mengetahui apakah ada email yang masuk ke akun Anda.

IV. Menghemat Daya

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna Android adalah baterai yang cepat habis. Hal ini bisa dimaklumi mengingat karakteristik perangkat yang selalu terhubung ke internet untuk melakukan beragam aktivitas sinkronisasi. Akan tetapi, Anda setidaknya dapat melakukan langkah-langkah berikut agar baterai smartphone Anda tak cepat habis apalagi ketika sedang melakukan perjalanan.

1. Mematikan Wi-Fi
Ketika Anda sedang dalam perjalanan, mematikan Wi-Fi adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan mengingat antena Wi-Fi ponsel yang menyala tentu akan terus-menerus membuatnya mencari sinyal sehingga baterai pun cepat terkuras.

2. Mematikan Bluetooth
Sama seperti halnya Wi-Fi, dengan membiarkan Bluetooth perangkat Anda menyala, maka baterai ponsel Anda akan cepat habis. Untuk itu segera matikan Bluetooth Anda setelah Anda selesai menggunakannya. Anda juga harus menghindari untuk menggunakan piranti headset Bluetooth ketika melakukan perjalanan jauh. Gunakan headset kabel yang umumnya disertakan dalam paket penjualan ponsel.

3. Mematikan autobrigthness
Autobrightness atau kecerahan otomatis memang memudahkan Anda dalam melihat ke layar ponsel Anda meski pada kondisi lingkungan dengan pencahayaan yang berubah-ubah. Dengan kecerahan otomatis, layar akan berubah kecerahannya mengikuti kondisi cahaya di sekitarnya. Perubahan kecerahan tersebut tentu akan menyedot daya yang cukup besar sehingga mematikan autobrightness tentu menjadi langkah yang sangat penting dalam menghemat baterai ponsel. Untuk mematikan autobrightness silakan masuk ke settings->display->brightness.

4. Power Saving Menu
Pada beberapa merek dan tipe smartphone Android, Anda dapat menemukan menu penghematan daya yang secara otomatis akan menjalankan langkah penghematan daya dengan melakukan penyesuaian setting yang juga dapat Anda atur ulang.

5. Task Manager
Aplikasi yang berjalan dalam mode background, tentu akan menyebabkan daya baterai dari ponsel Anda terkuras tanpa Anda sadari. Untuk itu, menginstal task manager untuk menutup aplikasi yang berjalan dalam mode background tentu akan sangat bermanfaat untuk memperpanjang masa siaga baterai ponsel Anda. Jika Anda menggunakan ponsel Samsung, Anda tidak perlu menginstal task manager dari Play Store karena fungsi tersebut bisa Anda dapatkan cukup dengan menekan dan menahan tombol home selama beberapa saat.

6. Video, Game dan Bunyi Speaker
Memutar video atau bermain game dengan ponsel Anda tidak disangsikan lagi merupakan cara paling cepat untuk menghabiskan baterai ponsel Anda. Untuk itu, jika Anda sedang dalam perjalanan jauh serta memerlukan ponsel Anda agar terus siaga maka Anda harus menahan diri dari dua aktivitas tersebut diatas. Sementara itu, mengatur bunyi ringtone pada volume maksimal juga berperan dalam meningkatkan konsumsi baterai ponsel.

7. Baterai Cadangan atau Powerbank
Jika Anda tidak sanggup melakukan langkah-langkah diatas, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli baterai cadangan atau powerbank. Powerbank sebenarnya merupakan baterai cadangan berupa charger yang dapat Anda gunakan untuk mengisi ulang daya baterai ponsel Anda.

8. Ambil langkah darurat
Jika suatu saat Anda melakukan perjalanan jauh sedangkan baterai ponsel Anda dalam kondisi kritis, sementara Anda harus memastikan ponsel tetap dapat menerima panggilan telepon maka ada baiknya Anda mengambil langkah semaksimal mungkin untuk menekan konsumsi daya baterai. Beberapa cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan mematikan Wi-Fi, koneksi data, rotasi layar, menutup semua aplikasi serta mengunci layar lalu segera masukkan ponsel Anda ke saku. Jangan berulang kali mengecek ponsel Anda karena layar yang dinyalakan dan dihidupkan secara berulang tentu akan membuat konsumsi baterai bertambah


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

Like me please

Download & dengar lagu

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen