Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

ROMA IRAMA CANGGUNG KETIKA DITANYA SOAL GANGNAM STYLE

Rhoma Irama kikuk ketika dirinya ditanya soal Gangnam Style, tarian menunggang kuda milik penyanyi asal Korea, Psy. Pertanyaan itu terlontar ketika wartawan ingin tahu sejauh mana musik dangdut bisa mengalahkan tren dari belahan dunia lain, termasuk Gangnam Style yang tengah populer saat ini.

Kebingungan Rhoma terlihat saat ia bertanya kepada salah satu rekan di sampingnya. Setelah diberi bisikan, Rhoma kemudian menjawab pertanyaan itu.

"Saya pribadi yakin bisa. Karena musik saya (dangdut) punya karakter sendiri. Dan, bisa mengalahkan jenis musik lain dari luar," katanya saat ditemui di acara Workshop Nominasi Warisan Budaya Tak Benda di sebuah hotel di Kawasan Harmoni Jakarta, Jumat, 23 November 2012.

Menurut Rhoma, musik dangdut sudah dikenal oleh masyarakat dunia. Alasan itulah yang kemudian menjadi keyakinan Rhoma bahwa musik asli Indonesia ini bisa bersaing dengan produk budaya dari mana pun. "Menurut Profesor Andrew Weintraub dalam penelitiannya, lagu-lagu dangdut dipelajari di ratusan lembaga pendidikan musik dunia," katanya dengan mantap.

Kehadiran Rhoma di acara itu sehubungan dengan rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendaftarkan musik dangdut ke United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). Sebagai pelopor musik dangdut di Indonesia, Rhoma begitu mengapresiasi dan mendukung rancana ini.

"Mumpung saya masih hidup, yuk kita bawa dangdut ke UNESCO," katanya.

Rhoma mengatakan, ia siap memberikan penjelasan dan pertanggungjawaban mengapa musik dangdut menjadi penting untuk dilestarikan dan dicatatkan ke UNESCO agar tidak dijiplak negara lain.j
sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen