Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Ditemukan sebuah Alquran raksasa dari daun lontar di madura

MADURA - Sebuah Alquran raksasa yang usianya lebih dari seratus tahun menjadi koleksi keluarga yang berada di Kabupaten Sampang, Madura. Anehnya, Al Qur’an tanpa harekat itu ditulis dalam lembaran-lembaran daun lontar kuno. Alquran raksasa tersebut, merupakan koleksi keluarga Subaidi di Jalan. Suhada, Kelurahan Dalpenang, Sampang, Madura.

Dilihat secara kasat mata, ukuran Alquran ini memang jauh lebih besar, daripada Alquran pada umumnya.   Alquran ini memiliki ukuran panjang dua meter, dan lebar satu meter, serta tebal sepuluh sentimeter. Bahkan berat kitab suci ini pun mencapai tiga puluh kilogram.   

“Alquran ini diwariskan secara turun temurun, warisan dari orang tua sebelum meninggal tiga tahun silam,” ujar pemilik Alquan raksasa, Subaidi dikediamannya, Kamis (25/10/2012).  

Berdasarkan penuturan kedua orang tua, lanjut Subaidi, Alquran raksasa ini dibawa dari daerah Jogjakarta ke Madura oleh leluhurnya.  

“Alquran itu terbuat dari daun lontar, setiap malam Jum’at manis dikhatamkan hingga selesai dan pada bulan Ramadhan serta tiap hari raya besar umat islam,” tutur Subaidi. 

Kata Subaidi, tradisi mengkhatamkan Alquran ini pun berlangsung secara rutin setiap tahunnya hingga kini. Selain melanggengkan kebiasaan yang diwariskan oleh pemiliknya sejak dulu, dia juga berharap barokah dari kitab suci Alquran ini.


0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen