Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

hebat, anak kelas 3 sma ini berhasil membangun rumahnya sendiri

CALIFORNIA - Seorang remaja asal Amerika Serikat, Austin Hay, menyusun masa depannya dengan baik. Hay, yang duduk di bangku kelas 3 SMA dan berusia 17 tahun ini, membangun rumah kecil untuk dihuninya saat kuliah.
   
Remaja asal Santa Rosa, California ini berencana tinggal di sana untuk menghindari hipotek di masa depan. Rumah seluas 130 kaki persegi (12 meter persegi) tersebut dibangun di halaman belakang rumahnya.

Hay, yang membangun rumah sejak Agustus 2011, dia telah selesai membangun rumah di atas trailer tersebut. Meski ukurannya sangat kecil, rumah tersebut tampak indah dan dikerjakan dengan baik. Saat ini, Hay memilih tinggal di rumah itu ketimbang di kamarnya semasa kecil.

Bahkan rumah itu telah didaftarkan sebagai sebuah trailer, sehingga Hay dapat mengendarainya ke kampus, jika dia memiliki tempat untuk parkir. Rumah tersebut dialiri listrik, kamar mandi, dan toilet kompos. Selain itu, ada juga kulkas mini, rak, dan kotak penyimpanan. Selama ini, Hay tidur di loteng yang muat untuk tempat tidur standar ganda.

Hay mengaku jarang mengundang tamu. Namun sofa di rumahnya bisa diperluas menjadi tempat tidur tamu. Jadi setidaknya rumah ini masih bisa menampung tamu. Seperti umumnya rumah berukuran kecil, rumah ini memiliki solusi ruang. Seperti kompor yang punya tutup sehingga bisa berubah menjadi meja.

Seperti dilansir laman Grist, Kamis (25/10/2012), Hay belajar keterampilan konstruksi dasar selama dua tahun pertama di SMA. Kini, dia menerapkan keterampilan itu untuk hidup seadanya.

"Saya tidak berpikir lebih besar lebih baik. Hidup (di rumah) kecil berarti mengurangi utang," jelasnya saat membangun rumah ini pada Agustus 2011.

Hay mengatakan, total biaya pembangunan yang dia habiskan untuk rumah pribadinya itu mencapai USD12 ribu ata setara Rp115 juta (Rp9.617 per USD), penasaran? ini gambar rumahnya:


0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen