Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Ternyata, main game dapat mencegah kegemukan pada anak

Anak yang kelebihan berat badan telah memiliki risiko penyakit yang biasanya dialami orang dewasa seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan sindrom metabolik. Untuk mencegah obesitas, Anda dapat menggunakan yang menyenangkan bagi anak seperti bermain game konsol.

Kecanduan bermain game memang tidak baik untuk kondisi mental anak, tetapi Anda dapat memanfaatkan video game untuk mengendalikan berat badan anak. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa exergames atau video game yang mengandalkan aktivitas fisik pemainnya dapat mencegah kegemukan pada anak.

Mungkin sulit untuk membangun kebiasaan berolahraga pada anak, sehingga bermain game dapat dijadikan alternatif agar anak lebih banyak bergerak. Pilihlah video game yang memutar video pertandingan dan olahraga, tetapi yang tidak dikendalikan dengan joystick melainkan konsol, sehingga anak lebih banyak bergerak.

Sebuah survei menunjukkan bahwa setelah anak berusia 11 tahun, dirinya cenderung mengurangi aktivitas fisik seperti bermain sepak bola dan lebih memilih menghabiskan waktu untuk bermain game di rumah. Sehingga, orangtua perlu menyiasati hal ini dengan memperkenalkan olahraga ke dalam kegiatan hiburan anak.

Exergames adalah video game yang mengandalkan aktivitas fisik pemain melalui konsol. Permainan tersebut membutuhkan gerakan seperti menari, meninju, melompat, dan sebagainya.

Sekelompok peneliti dari Kanada melakukan studi terhadap 1.200 siswa di 29 sekolah di Montreal. Peneliti mencatat siapa saja yang memainkan exergames, seberapa sering frekuensinya, dan bagaimana kaitannya dengan berat badan dibandingkan dengan siswa yang tidak memainkan exergames, seperti dilansir The Doctor Will See You Now, Sabtu (17/11/2012).

Selain mencatat aktivitas fisik peserta, peneliti juga mengumpulkan data tentang masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres. Sekitar 25 persen dari peserta penelitian memainkan exergames, rata-rata dua hari per minggu selama 50 menit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 73 persen anak yang memainkan exergames memiliki tingkat aktivitas yang setara dengan berolahraga sedang. Selain itu, anak yang memainkan exergames cenderung kurang mengalami depresi dan dapat mempertahankan berat badannya.

Meski memiliki manfaat yang baik untuk mencegah risiko kegemukan pada anak, orangtua tetap perlu mengontrol waktu anak dalam bermain exergames. Pastikan permainan ini tidak membuat anak kecanduan dan mengganggu aktivitasnya yang lain, seperti belajar dan tidur.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

KLIK UNTUK BERINVESTASI

DAFTAR DAN DAPATKAN DOLAR TIAP HARI, SAYA SUDAH MEMBUKTIKANNYA

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen