Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Pekerja malam ternyata sangat rentan terhadap obesitas

Melongok kulkas dan mengambil isinya pada tengah malam, memang bisa menjawab rasa lapar saat tidur. Tetapi berhati-hatilah. Pasalnya tindakan itu bisa menaikkan berat badan Anda.

Hasil penelitian pada tikus menunjukkan bahwa berat badannya naik beberapa kilogram akibat makan di saat seharusnya sudah terlelap tidur. Bahkan, meskipun kita mengkonsumsi lebih sedikit dari porsi normal, berat badan kita tetap akan meningkat. Temuan ini menjelaskan penyebab rumit terjadinya obesitas pada manusia, ungkap para ilmuwan dari University of Pennsylvania.

Para ilmuwan ini mengatakan bahwa efek pada tikus hampir sama dengan sindrom tengah malam pada manusia, yakni diasosiasikan dengan obesitas. Hasil riset ini bisa menjelaskan alasan para pekerja malam lebih cenderung mengalami obesitas dan sindrom metabolisme, kombinasi antara diabetes, tekanan darah tinggi dan kegemukan.

Para ilmuwan mengatakan pasien-pasien yang mengalami gangguan tidur juga berisiko lebih besar mengalami obesitas. Sementara kurang tidur bisa meningkatkan berat badan pada mereka yang sehat.

Menurut Georgios Paschos, peneliti yang terlibat dalam riset ini seperti dikutip situs Telegraph edisi 11 November 2012, “Sedikit pergeseran konsumsi makan dari yang biasanya disebut sebagai ‘waktu istirahat’ pada tikus ternyata memungkinkan disimpannya energi. Tikus kami menjadi gemuk tanpa mengkonsumsi lebih banyak kalori.”


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

Like me please

Download & dengar lagu

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen