Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Ditemukan sumur tua peninggalan kerajaan majapahit

Sebuah sumur tua diduga peninggalan kerajaan Majapahit, ditemukan di Desa Plandi Kecamatan/Kabupaten Jombang, Senin (12/11/2012). Sumur itu ditemukan warga saat menggali septic tank.

Sumur tua itu pertamakali ditemukan oleh Saiful (43). Saat dirinya menggali bak penanampungan kotoran di halaman belakang rumahnya. Saat penggalian mencapai kedalaman 50 cm, dia menemukan lubang.

Saat rasa penasarannya mulai muncul, Saiful kembali mencangkul sumur itu. Alhasil, dia menemukan sebuah lubang berdiameter sekitar 70 cm. Saat digali kembali, ternyata lubang itu sebuah sumur.

Untuk memastikan sumur itu dalam atau dangkal, Saiful memberanikan dirinya terjun ke dalamnya. Saiful memperkirakan, kedalaman sumur itu adalah 3 meter. Kondisi air sumur juga layaknya air sumber pada umumnya.

"Awalnya dinding septic tank sudah saya bangun. Tapi di dalamnya ada sumur yang terbangun dari bata kuno. Pengerjaan sementara saya hentikan," katanya.

Sementara Kepala Pokja Penyelamatan dan Perlindungan BP3 Trowulan, Danang Wahyu Utomo saat dikonfirmasi detiksurabaya.com mengaku belum mendatangi lokasi sumur itu. Pihaknya akan secepatnya meneliti penemuan warga itu.

"Kita belum pastikan itu peninggalan kerajaan mana. Yang pasti, wilayah Jombang itu masuk Majapahit. Secepatnya kita teliti," katanya di ujung telepon.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

KLIK UNTUK BERINVESTASI

DAFTAR DAN DAPATKAN DOLAR TIAP HARI, SAYA SUDAH MEMBUKTIKANNYA

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen