Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Ditawari gaji 2 juta buruh jakarta siap kompromi

Usulan gaji buruh di Jakarta bisa setingkat dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu sekitar Rp 2 juta direspons kalangan buruh. Mereka siap duduk bersama untuk kompromi.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, sebetulnya buruh menginginkan gaji buruh khususnya DKI Jakarta bisa mencapai Rp 2,7 juta per bulan, dari saat ini hanya Rp 1,5 juta.

"Masih bisa dinegosiasikan. Sangat bisa, jadi kalau pemerintah mengatakan Rp 2 juta. Kita ingin Rp 2,7 juta, itu bisa dikompromikan kembali," ungkap Said sata dihubungi detikFinance, Senin (12/11/12).

Said menambahkan, pada tanggal 20 November nanti, para serikat buruh akan membahas ini dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan yang lainnya. Said mengatakan, jika sudah dibahas dan dikompromikan, minimal upah buruh yang ditetapkan harus lebih dari Rp 2 juta.

"Kalau di bawah Rp 2 juta kita pasti menolak. Paling tidak Rp 2 juta, sekian lah (dua juta koma sekian)," imbuhnya.

Namun, ia mengungkapkan, para serikat buruh dan ia pribadi menghargai upaya pemerintah ini. Menurutnya, pemerintah terlihat mengupayakan untuk menetapkan upah buruh agar menjadi lebih layak.

"Yang pertama kita mengapresiasi, artinya ada upaya pemerintah untuk meningkatkan upah buruh supaya lebih layak. Tapi bukan berarti saya setuju," pungkasnya.

Seperti diketahui Menteri Perindustrian MS Hidayat ingin upah buruh dinaikkan hingga rata-rata Rp 2 juta per bulan, atau setara dengan pegawai negeri sipil. Dirinya berjanji akan membicarakan hal ini dengan jajaran menteri yang terkait lainnya dan juga pengusaha-pengusaha.

"Saya menawarkan kenaikan upah secara rata-rata sampai Rp 2 juta kecuali industri UKM," kata Hidayat saat ditemui di kantor Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (12/11/2012).

"Itu yang mau saya bicarakan dengan Apindo. Pada umumnya kalau investasi besar apalagi join venture perusahaan menengah industri atas mestinya mereka sepakat. Karena saya menggunakan ukuran PNS. PNS saja yang termurah Rp 2 juta," cetus Hidayat.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

KLIK UNTUK BERINVESTASI

DAFTAR DAN DAPATKAN DOLAR TIAP HARI, SAYA SUDAH MEMBUKTIKANNYA

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen