Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Ini dia Etiket makan di 8 negara besar dunia

Tiap negara memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda, termasuk etiket saat makan. Mengenal etiket dan tata cara makan di negara yang akan dikunjungi sangatlah penting. Cara makan yang biasa kita lakukan di negara sendiri, bisa jadi menjadi hal yang terlarang atau dianggap tak sopan di negara lain. Ini etiket makan yang unik dan menarik dari delapan negara, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Portugal
Saat makan di restoran maupun rumah seseorang di Portugal, jangan pernah meminta garam atau merica tambahan jika tidak tersedia di meja makan. Orang-orang Portugal menyediakan masakan dengan teknik dan penyajian terbaiknya. Meminta garam, merica atau bumbu-bumbu penambah rasa lainnya akan dianggap sebagai penghinaan bagi sang chef. Sebaiknya hindari meminta bumbu tambahan jika Anda tidak ingin mendapat malu.

2. Prancis
Di Prancis sebaiknya tidak mendiskusikan tentang uang saat makan malam, Anda akan dianggap kasar dan tidak sopan. Patungan membayar tagihan makan juga tidak dilakukan orang Prancis. Selain itu, letakkan tangan di meja saat makan, jangan di atas paha Anda. Roti sebaiknya dibelah menjadi potongan-potongan kecil sebelum dimakan karena melahap langsung lembaran roti akan dianggap tidak sopan.

3. Jerman
Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat makan di restoran atau rumah di Jerman. Pertama, Anda harus menunggu sampai pelayan atau staf menunjukkan kursi tempat Anda duduk. Jangan duduk dulu sebelum Anda dipersilakan oleh tuan rumah atau pelayan restoran. Kedua, Anda biasanya baru boleh makan setelah dipersilahkan makan, jadi sebaiknya jangan makan terlebih dahulu. Ketiga, jangan meletakkan siku Anda di atas meja makan karena itu adalah sikap yang tidak sopan bagi warga Jerman.

4. Jepang
Etiket makan di Jepang cukup unik dan menarik. Ada sejumlah aturan yang harus diikuti untuk menunjukkan penghargaan besar Anda terhadap tuan rumah maupun chef. Jangan pernah mengoper makanan ke piring seseorang menggunakan sumpit. Dalam upacara pemakaman, tulang jenazah yang telah dikremasi biasanya diambil menggunakan sumpit. Jadi, melakukan hal tersebut sangat dilarang dalam budaya makan di Negeri Sakura.

Sumpit juga harus dipegang dengan benar dan jangan pernah menunjuk orang atau makanan menggunakan alat makan tersebut. Itu dianggap menghina dan tidak sopan. Hindari juga berbicara sambil menggerak-gerakkan tangan yang sedang memegang sumpit atau menusukkan sumpit ke makanan untuk mengangkatnya. Sebaiknya Anda belajar menggunakan sumpit sebelum traveling dan makan di Jepang.

5. Arab Saudi
Orang Arab Saudi, dan negara-negara Islam pada umumnya terbiasa menyantap makanan dengan duduk di lantai beralaskan karpet. Tanpa kursi dan meja. Jika Anda tidak melihat ada sendok dan garpu tersedia, tidak perlu memintanya karena makanan yang disajikan memang dimakan dengan menggunakan tangan. Dan yang paling terpenting, makanlah dengan tangan kanan karena tangan kiri dianggap kurang bersih dan tidak sopan. Selain itu, tangan kiri Anda sebaiknya tidak berada di atas meja.

6. Amerika Serikat
Jika seseorang meminta Anda untuk mengambilkan garam; dan terdapat garam serta merica, selalu pastikan untuk memberikan kedua-duanya. Meskipun Anda hanya diminta untuk memberikan garam. Ini untuk menjaga agar garam dan merica tidak terpisah dan merepotkan orang lain yang ingin menggunakan keduanya.

Sebelum menambahkan garam atau merica, selalu cicipi dulu makanan Anda. Menaburkan bumbu tambahan sebelum Anda mencobanya akan dianggap tidak sopan dan menghina chef. Jangan pula berbicara dengan mulut penuh makanan dan ketika mengambilkan sesuatu untuk orang lain seperti garam, merica atau roti, pindahkan dan letakkan di atas meja. Bukan memberikannya dari tangan ke tangan.

7. Rusia
Selalu tempatkan pergelangan tangan Anda di pinggir meja makan saat menyantap makanan, bukan di atas paha. Garpu selalu dipegang pada tangan kiri sedangkan pisau di tangan selagi makan. Etiket saat meminum voka sangat diperhatikan dalam budaya Rusia. Umumnya vodka digunakan hanya untuk 'toss' daripada hanya diminum. Ketika botol vodka sudah kosong, letakkan di lantai. Bukan di atas meja.

8. Meksiko
Saat ingin menyantap makanan dan mata Anda bertemu dengan tamu lainnya yang juga akan makan, jangan lupa untuk mengucap 'provecho'. Artinya, 'selamat menikmati' dan ini menunjukkan sikap yang baik. Juga membuat semua orang yang makan bersama Anda merasa nyaman.
sumber


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

Like me please

Download & dengar lagu

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen