Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Iphone 5, berubah drastis, performa sadis

Produk baru Apple selalu menjadi penantian bari para penggunanya. Bahkan banyak pengguna yang mengira-ngira, melihat vendor lain berlomba-lomba mebambahkan teknologi terbaru pada produk-produknya. Apakah perubahan yang selanjutnya dilakukan Apple pada iPhone? Perubahan apa sajakah itu.

Desain

Dimensi: 123.8 x 58.6 x 7.66 mm, 112 grams; 8 pin connector.
iPhone 5 memiliki bobot lebih ringan, lebih tinggi dan lebih tipis dari generasi sebelumnya. Tepatnya 20 persen lebih ringan yaitu 112 gram, 8.2 mm lebih tinggi dan 1.7 lebih tipis dari pendahulunya 4S. Dengan tubuhnya yang lebih tinggi/panjang maka memungkinkan layarnya menggunakan luas 4-inch, dari yang sebelumnya yang hanya 3,5 inchi. Hal ini membuat rasio layar pun berbeda, ini yang menjadikannya lebih nyaman baik saat digenggam ataupun melihat layarnya.

Penempatan komposisi dibagian muka masih tidak berubah, karena hanya menempatkan layar dan tombol menu saja yang berubah adalah penempatan kamera depan yang berada diatas earpiece, dimana sebelumnya ditempatkan disamping kanan. Selain itu tombol lain serta letak kamera utama masih ditempatkan persis seperti iPhone 4S.

Dari segi form factor nya lebih tingginya ponsel maka akan menyulitkan area yang sulit dijangkau oleh ibu jari, misalkan saat ingin menekan tombol power saat pennggunaan standart. Untungnya Apple berhasil mengatasinya dengan mempersempit area ponsel.

Perubahan lokasi juga dilakukan Apple pada port Audio 3,5 yang sebelumnya berada diatas, kini di letakkan dibagian bawah, bersanding dengan dengan lubang grid speakernya. Tidak hanya itu Apple juga melakukan perubahan konektor data/daya jenis baru yang disebut Lightning. Perubahan ini cukup mengejutkan, mengingat selama lebih dari 5 tahun Apple menggunakan konektor 30 pin. Tidak hanya itu pihak ketiga yang telah memproduksi aksesoris tambahan yang biasa menggunakan koneksi tersebut, otomatis harus memproduksi aksesories untuk konektor 8 pin. Atau Anda harus menyiapkan converter dari konektor 30 pin ke 8 pin.

Layar

Display: Retina display, 4 Inchi 1136 x 640 pixel, 326 ppi
Membawa layar 4 inchi, perubahan sangat drastis memang dibawa oleh iPhone 5, karena membawa rasio layar yang baru loh. Padahal 6 tahun sudah iPhone menggunakan dengan rasio layar yang tidak standar, yakni 3:2. Dan kini Apple akhirnya membawa layar yang berasio (mendekati) 16:9, seperti ponsel-ponsel multimedia lain.

Perubahan rasio menjadikan resolusi retina display-nya menggunakan layar lebar yang mencapai 1136 x 640 pixel, dengan begitu maka layar iPhone 5 bisa diandalkan untuk menampilkan gambar, bahkan dapat menampilkan seperti warna aslinya.

Hardware

CPU: 1 GHz dual core A6; GPU: PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics); Memory: 1 GB
Disaat vendor lain sudah menggunakan prosesor Quadcore, iPhone masih menggunakan prosesor dualcore. Membawa Chipset A6 berkecepatan 1 GHz, A6 masih bisa menandingi kelas quadcore milik vendor lain. Dibandingkan dari pendahulunya yang masih menggunakan A5, kecepatan prosesor barunya ini tidak terlalu signifikan berbedanya, namun saat kami mencoba, kinerja iPhone 5 memang cenderung lebih cepat.

kami juga melakukan benchmarking dengan menggunakan aplikasi GeekBench 2. Yang hasilnya seperti berikut ini

OS & Software

iOS 6, Passbook, Map, SIRI
Menggunakan iOS 6 tampilan iPhone 5 tidak berubah secara drastis, yang berbeda adalah tampulan menu matrik yang bertambah satu ini. Ini mungkin karena layarnya yang lebih tinggi dari secara sebelumnya. Tetap menggunakan scrolling kesamping namun layar akan mamu menampung ikon menu dan aplikasi yang lebih banyak.

Di IOS 6 ini Google telah menarik semua fitur miliknya. Termasuk peta digital lama dan fitur Youtube. Sebagai penggantinya Apple telah menyiapkan peta baru yang bekerjasama dengan Tom Tom.

Tidak jauh berbeda dengan peta terdahulunya yang berbasis Google Map, pada peta barunya ini juga terdapat fitur navigasi turn by turn dan tampilan 3D. dan ini merupakan sebuah peningkatan dibanding peta sebelumnya. Sayangnya fungsi-fungsi tersebut tidak tersedia untuk pengguna Indonesia.

iPhone 5 juga menawarkan aplikasi pembayaran yang disebut Passbook. Seperti Newsstand dan iBook, Passbook merupakan sebuah ekosistem tersendiri di dalam iOS, sebagai tempat manajemen tiket online dan moda pembayaran digital. Merchant alias toko-toko khusus atau bahkan perusahaan penerbangan tertentu bisa menawarkan sistem pembayaran yang melibatkan Passbook. Sayangnya, fitur ini pun belum bisa digunakan secara maksimal di Indonesia. Lagi pula tanpa fitur NFC (near field communication), kayaknya Passbok jadi kurang maksimal deh!

Dan yang tidak kalah penting adalah fitur SIRI. Di SIRI yang terbaru ini, Apple memiliki database yang lebih lengkap karena selama setahun terakhir disimpan oleh server SIRI, Apple menambahkan kosa kata baru dan kemampuan yang lebih baik kepada SIRI sehingga dapat mengurangi eror yang terjadi. Contohnya Anda bisa langsung menanyakan hasil pertandingan olah raga hanya dengan menyebu nama tim dan waktu pertandingan yang diinginkan.

Fitur SIRI-nya juga dikembangkan untuk dapat mengenali kesalahan pengucapan dan langsung memperbaikinya dengan respon yang baik. Dengan logat sunda dan sedikit jawa, menggunakan SIRI di iPhone 5 jauh lebih nyaman ketimbang dulu saat mengetes iPhone 4S.

Kamera

iSight 8 megapixel, f/2.4, Panorma, HD video recorder (1080 p, 30 fps), Autofocus, + FaceTime HD camera 1.2 MP
Apple mengupgrade resolusi kamera menjadi 8 MP yang sebelumnya hanya 5 MP pada 4S. yang diberi diberi kode iSight, dimana kode ini sebenarnya sudah ada pada iPhone 4 dan 4S.

Saat kami melakukan sejumlah pemotretan dan dibandingkan langsung dengan hasil kamera iPhone 4S. PULSA memperoleh kesimpulan bahwa tidak terjadi pengurangan kualitas, bahkan pada beberapa foto menunjukkan bahwa kamera iPhone 5 lebih baik dari kamera 4S.

Belum lagi jika kita sertakan sebuah modus Panorama sebagai pembanding. Mungkin untuk ponsel pintar lain, fitur ini sudah menjadi standar mereka, namun di ekosistem iOS, fitur ini terbilang baru. Dulu, untuk melakukan ini kita butuh aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Tidak hanya kamera utama, Apple juga mengupgrade untuk kamera sekundernya untuk melakukan Facetime (video call untuk para pengguna iPhone) yang berada didepan. Jika sebelumnya hanya menggunakan resolusi VGA, di iPhone 5 sudah menggunakan berresolusi 1,2

Jaringan

Baterai, Earpods, LTE, Integrasi Twitter dan Facebook
Apple menyebutkan bahwa daya tahan baterai iPhone 5 lebih baik dari iPhone sebelumnya. Hal ini dimungkinkan karena iPhone 5 membawa baterai LiPo 1440 mAh, artinya kapasitas yang lebih besar, apalagi nmenggunakan chipset A6 yang hemat energi. Jadi meskipun berlayar lebih lebar dan memiliki teknologi jaringan baru, yakni LTE. Baterai iPhone 5 dipercaya bisa bertahan lebih lama.

iPhone 5 mampu mebjalan pada jaringan maksimal LTE yang merupakan teknologi jaringan generasi ke-empat. Di Indonesia mungkin belum diluncurkan secara resmi, jadi nampaknya fitur ini belum begitu dapat dirasakan di tanah air. Namun jika diterapkan, maka Facetime dapat dilakukan dengan jaringan ini seperti yang Apple janjikan.

Apple juga merubah jenis earset baru yang disebut earpod. Desain earpod yang unik dan mengikuti bentuk tulang telinga, dengan corong speaker yang dibuat mencuat ke dalam rongga telinga, ditemani sejumlah bukaan lain di sisi berlawanan, memberikan kesan suara yang lebih hidup. Kualitasnya terbilang ada di atas earset sebelumnya. karena suara Bass lebih kentara dengan detil suara yang seimbang.

Pada fitur jejaring sosial Facebook dan Twitter, Anda bisa langsung mengupdate status dari layar notifikasi, atau mengupload foto dan video dari gallery (photos).

Kesimpulan

Di generasi terbarunya ini Apple benar-benar merubah iPhone cukup drastis, mulai dari desain, performa, hingga penggantian aksesoris. Secara desain iPhone lebih nyaman, perfomanya lebih cepat karena prosesor terbarunya, dan yang paling signifikan adalah penggunaan konektor 4 pin terbaru dan slot nano simcardnya. Sampai kepada perubahan earbud pada earphone yang lebih nyaman ditelinga. Meski harganya terbilang mahal, rasanya pengguna akan puas dengan perubahan yang ada.


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

KLIK UNTUK BERINVESTASI

DAFTAR DAN DAPATKAN DOLAR TIAP HARI, SAYA SUDAH MEMBUKTIKANNYA

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen