Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Telinga kotor? jangan gunakan korek kuping?

KOTORAN yang menyumbat terlalu  banyak menyebabkan fungsi telinga jadi terganggu. Karenanya, menjaga kebersihan telinga jadi langkah yang perlu dilakukan.

Kotoran telinga biasanya dihasilkan dalam jumlah kecil dan muncul secara alamiah dari telinga. Jika saluran telinga tersumbat kotoran, hal ini akan menyebabkan telinga seperti tersumbat, gatal-gatal, dan terkadang kehilangan pendengaran.

Pada kondisi normal, saluran telinga merupakan organ yang dapat membersihkan diri sendiri dan tidak perlu perhatian khusus. Jadi, jangan pernah menggunakan korek kuping, jepit rambut, atau jari untuk membersihkan kotoran telinga, sebab justru akan memperpadat kotoran telinga.

Lantas, seperti apa cara aman membersihkannya? Ulasan dari buku Panduan Kesehatan Keluarga karya Dr Mirriam Stoppard ini dapat membantu Anda.

- Sumbatan kotoran telinga bisa ditangani dengan tetes telinga yang dijual bebas dan mengikuti petunjuk penggunaan biasanya akan melarutkan kotoran dalam waktu 4-10 hari.

- Jika telinga tetap tersumbat, temui dokter

- Dokter mungkin akan menggunakan alat (otoskop) untuk memeriksa saluran telinga

- Kotoran mungkin akan dibuang dengan pencukil atau peneydot

- Telinga mungkin akan disemprot perlahan dengan air hangat menggunakan suntikan

- Sumbatan kotoran telinga mungkin timbul kembali setelah ditangani, karena sejumlah saluran telinga secara alamiah menghasilkan lebih banyak kotoran daripada telinga lain.


1 komentar:

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

Like me please

Download & dengar lagu

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen