Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Tenyata Demam Sangat Berguna Bagi Kesehatan Anak

Saat musim hujan, penyakit yang umum dialami anak adalah demam akibat flu. Banyak orangtua yang kemudian memberi obat penurun panas dan kompres kepada anak mereka.

Jangan terburu-buru memberi obat penurun panas pada buah hati. Suhu tubuh yang tinggi ternyata membantu anak melawan penyakit. Seorang dokter anak Amerika, Hannah Chow-Johnson mengungkap bahwa panas tinggi pada anak  membantu memaksa anak untuk beraktivitas lebih lambat, beristirahat dan tidur. Hal-hal ini sangat penting untuk memulihkan kondisi tubuh.

Chow-Johnson yang berprofesi sebagai asisten profesor di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine, mengatakan dia sering ditanya apa yang harus dilakukan saat anak mengalami panas tinggi. "Pertanyaan yang paling sering diajukan orangtua adalah seberapa tinggi demam yang dianggap membahayakan," ujarnya.

"Yang tidak disadari orangtua adalah demam membantu anak pulih lebih cepat, terutama saat ia sedang berjuang melawan penyakit akibat virus," katanya kepada Daily Mail.

"Saya sering berharap termometer bisa membaca 'demam' dan 'tidak demam'. Ini membantu orangtua yang terlalu khawatir saat demam anak mereka tinggi."

Para peneliti di Great Ormond Street Hospital mengklaim obat demam yang diminumkan sebelum anak demam dapat memperlambat waktu pemulihan, karena suhu dapat membantu untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit.

Demam didefinisikan sebagai suhu di atas 37,5 Celcius, dan dapat menjadi tanda sesuatu yang serius. Orangtua disarankan mencari bantuan medis jika suhu anak mencapai 40 celcius atau lebih. Hal yang sama dianjurkan bila demam disertai kantuk, ruam dingin yang ekstrem, leher kaku atau kesulitan bernafas.

Kebanyakan demam disebabkan infeksi virus dan sembuh dalam beberapa hari. Departemen Kesehatan Inggris menganjurkan untuk selalu menjaga anak yang mengalami demam agar terhidrasi, memakaikan popok atau celana dan mengobati ketidaknyamanan dengan parasetamol atau ibuprofen
sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen