Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Ternyata tidak cukup hanya dengan belajar jika anda ingin pintar

Peribahasa hanya mengatakan rajin pangkal pandai, tidak pernah secara spesifik menyebutkan rajin belajar. Kenyataannya memang demikian, untuk jadi lebih pandai seseorang tak cukup hanya rajin belajar tetapi juga harus rajin olahraga.

Para ilmuwan dari University of Montreal membuktikan hal itu dalam sebuah penelitian terbaru. Olahraga rutin selama 4 bulan terbukti ampuh memperbaiki berbagai fungsi otak, sehingga jadi lebih efektif dan efisien dalam mempelajari hal-hal baru.

Olahraga yang dimaksud dalam penelitian tersebut adalah latihan interval dengan intensitas tinggi, selang-seling antara sprint atau lari cepat selama 30 detik lalu disambung dengan jalan kaki atau joging santai selama 30 detik. Pola latihan semacam ini dipakai juga untuk menurunkan berat badan.

"Kami meneliti 6 orang dewasa, semuanya menjalani program latihan interval selama 4 bulan, 2 kali seminggu dengan sepeda statis dan 2 kali seminggu latihan ketahanan," kata Dr Anil Nigam, salah seorang ilmuwan yang terlibat dalam penelitian tersebut seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (30/10/2012).

Menurut Dr Nigam, olahraga secara teratur dapat meningkatkan VO2max yang mencerminkan kapasitas vital paru-paru, sehingga suplai oksigen ke otak lebih optimal. Terpenuhinya kebutuhan oksigen di otak sangat dibutuhkan bagi perkembangan kemampuan kognitif atau kecerdasan seseorang.

Hasil pengamatan memang menunjukkan bahwa partisipan yang telah menjalani program tersebut lebih banyak berhasil dalam uji mengingat pasangan angka dan simbol. Pemindaian otak dengan teknologi near-infra red spectroscopy (NIRS) juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas yang berhubungan dengna fungsi kognitif.

Manfaat ektra yang didapatkan para partisipan dalam penelitian itu tentu saja kesehatan fisiknya meningkat. Timbunan lemak perut dan juga lingkar pinggang mengecil, sehingga risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes dan gangguan jantung juga berkurang


0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Site Info

Like me please

Download & dengar lagu

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen