Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

Ahli gizi: ikan yang amis sangat baik untuk sperma

Banyak orang tidak suka ikan segar karena terganggu oleh bau dan rasanya yang amis. Padahal menurut ahli gizi, makin amis ikan yang dimakan maka omega 3 yang dikandungnya makin bagus. Bagi para lelaki, nutrisi ini bagus untuk sperma.

Asupan asam lemak omega 3 memang berhubungan dengan tingkat kesuburan para lelaki. Sebuah penelitian membuktikan, suplementasi omega 3 selama 32 pekan bisa meningkatkan konsentrasi sperma, jumlah sel sperma, pergerakan sperma serta kualitas bentuk sepermanya.

Asam lemak omega 3 bisa ditemukan di berbagai jenis makanan, tetapi yang paling utama adalah ikan segar misalnya salmon. Sayangnya banyak orang tidak suka mengonsumsi ikan segar karena baunya amis, bahkan kadang masih tersisa sedikit baunya meski sudah dimasak.

"Pernah makan salmon? Bagaimana rasanya, amis kan? Nah, makin amis berarti omega 3-nya makin luar biasa," kata Dr Saptawati Bardosono, SpGK, ahli gizi dari Universitas Indonesia (UI) dalam Seminar Premarital Nutritions di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Depok, Rabu (31/10/2012).

Selain untuk memperbaiki kesuburan lelaki, omega 3 juga dikenal sebagai nutrisi otak yang sangat bagus. Karenanya tidak perlu heran jika banyak yang menganjurkan untuk membudayakan makan ikan jika ingin membentuk sebuah bangsa yang cerdas secara intelektual.

Dalam hal ini Dr Saptawati atau yang lebih akrab disapa Dr Tati menyesalkan kebiasaan sebagian nelayan di Indonesia. Hasil laut di negara ini melimpah, tetapi tidak terlalu dimanfaatkan dan malah dijual lalu uangnya lebih banyak digunakan untuk beli rokok.

Mengomentari kaum vegetarian yang tidak makan ikan, Dr Tati menganjurkan suplementasi atau pemberian suplemen omega 3. Sayur-sayuran hijau sebenarnya juga mengandung omega 3, tetapi kadarnya tidak sebanyak pada ikan laut dalam sehingga kurang mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen