Tempatnya berbagi Ilmu dan Hiburan

5 langkah agar bisa tidur cepat

Tidur merupakan satu momen yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Ingin memiliki tidur yang lebih berkualitas dengan cara tidur lebih cepat. Berikut adalah 5 saran yang dapat Anda lakukan dikutip dari laman Health. com.

1. Singkirkan bunyi yang mengganggu
Suara dengkuran pasangan, lalu lintas kendaraan di sekitar rumah, atau apapun yang membuat Anda terjaga, coba singkirkan dengan musik yang membuat Anda merasa nyaman.

2. Relaksasikan tubuh
Ketika hendak tidur, Catherine Darley, Direktur dari Institute of Naturopathic Sleep Medicine di Seattle mengajurkan agar kita  coba melakukan teknik relaksasi progresif ini. Tekuk jari kaki, hitung hingga tujuh, kemudian rilekskan. Ulangi gerakan itu di setiap jaringan otot tubuh, mulai dari jari kaki hingga leher.

3. Catat kegiatan Anda seharian
Rutinitas harian ternyata mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Sebuah catatan tidur akan membantu Anda untuk menghubungkan semua hal itu, kata Stephanie Silberman, PhD, penulis buku The Insomnia Workbook. Setiap hari catat berapa banyak kafein yang Anda konsumsi, kapan dan berapa lama berolahraga, apa saja yang dikonsumsi, kapan bangun dan pergi tidur, dan waktu total tidur. Kemudian konsultasikan hal tersebut dengan seorang ahli untuk masalah tidur Anda. 

4. Suhu kamar tetap dingin
Menurut Silberman, kebanyakan orang bisa tidur dengan mudah dan lebih baik kala suhu kamarnya dingin. Atur suhu kamar pada 18 derajat celcius atau lebih rendah. Jika suhu panas membuat Anda berkeringat atau hingga 'membuang; selimut maka cobalah gunakan kasur yang lebih dingin, seprai juga piyama yang terbuat dari bahan yang nyaman.

5. Relaksasikan pikiran
Dibandingkan menguras otak dengan memikirkan kejadian-kejadian yang Anda alami seharian sebelum pergi tidur, cobalah untuk mencatat itu semua dua jam sebelumnya. Dengan begitu pikiran Anda pun tidak merasa lelah. Tepat sebelum tidur, relaksasikan pikiran dengan membayankan lokasi-lokasi yang membuat Anda merasa nyaman, seperti pantai, pegunungan, atau lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Template By Fahmi Setiawan , Di Publish By Eckoo dan Yanzen